Komisi XI DPR RI dan BKKBN Lampung Kunjungi Remaja di Way Kanan

Komisi IX DPR RI bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, berkunjung ke SMAN 2 Gunung Labuhan, Way Kanan pada kegiatan Konsolidasi Dengan Pemangku Kebijakan Tingkat Daerah ( Kemitraan) dalam rangka Fasilitasi PIK R dan BKR Percontohan Tingkat Provinsi Lampung, Senin, 7 November 2022.

Di hadapan siswa/i SMA Negeri 2 Gunung Labuhan, Anggota Komisi IX DPR RI, Itet Tridjajati Sumarijanto, MBA menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan peningkatan kualitas remaja melalui Generasi Berencana (GenRe). Hal tersebut mengingat generasi muda saat ini yang nantinya akan menjadi pemimpin bangsa dan menentukan nasib bangsa di kemudian hari.

Memberikan motivasi kepada siswa/i, itet juga bercerita mengenai perjuangannya mulai dari di bangku sekolah hingga pada saat ini duduk di Komisi IX DPR RI, berkat ketekunannya di bangku sekolah, Itet mendapat beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Itet berharap siswa/i dapat menarik manfaat dari pengalaman yang sudah disampaikan, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi tidak hanya bagi kabupaten Way Kanan, nanmun juga terhadap bangsa dan negara.

“tingkatkan terus pemahaman dan pengetahuan serta kemampuan, terus belajar baik di sekolah maupun dengan mengikuti PIK R dan menarik manfaat, sehingga dapat meraih apa yang diharapkan”, ungkapnya.

Sementara itu, membacakan sambutan Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Ni Gusti Putu Meiridha, SE, MM, Koordinator Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN), Ir. Erismon, M.Kom.I. menyampaikan bahwa Menurut Sensus Penduduk 2020, komposisi penduduk terbesar Generasi Z (27,94%), yaitu golongan remaja yang lahir pada tahun 1997 – 2012 akan mempengaruhi kualitas pembangunan Indonesia di masa yang akan datang, khususnya dalam rangka menyambut Indonesia Emas 1945. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan kualitas remaja Indonesia, BKKBN mengembangkan suatu program yang dinamakan Program Generasi Berencana (GenRe). dimana Tujuan program Generasi Berencana adalah memfasilitasi remaja belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berahklak (healthy and ethical life behaviors) untuk mencapai ketahanan remaja (adolescent resilience) untuk membantu remaja agar memiliki pengetahuan, kesadaran sikap dan perilaku kehidupan yang sehat dan bertanggungjawab.

“Saya berharap PIK Remaja dan Bina Keluarga Remaja (BKR), melalui Promosi, Advokasi dan KIE dan konseling nantinya dapat membantu remaja dalam mempersiapkan kehidupan yang lebihbaik di masa mendatang”, katanya.

Turut hadir Pegiat Seni dan Budaya yang juga merupakan putri dari Bunda Itet, Tricia Lelonowati Sumarijanto, S.Sos,MM, MSc menekankan pentingnya generasi muda untuk terus melestarikan warisan budaya lokal salah satunya alat musik angklung. terlihat siswa/i antusias memainkan beberapa lagu menggunakan alat musik angklung.

Tampak hadir pada kegiatan tersbut, Kepala Dinas PPPA,PP dan KB Kabupaten Way Kanan, Indra Kesuma, S.Sos beserta Jajaran, Kepala SMAN 2 Gunung Labuhan beserta guru pembina, Kepala SMAN 1 Baradatu beserta guru pembina, PKB/ PLKB Kecamatan Gunung Labuhan, Pengurus Forum GenRe Way Kanan.