BKKBN Lampung Dorong Pemeriksaan Kesehatan Calon Pengantin

Menindaklanjuti Peraturan Presiden nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung mendorong para calon pengantin untuk memeriksakan kesehatan diri sebelum melangsungkan pernikahan. Kemudian guna mendukung hal tersebut, BKKBN Lampung menggelar kegiatan Orientasi dan Intensifikasi Pemanfaatan Elsimil dan Google Form Pada Proses Identifikasi Kasus Stunting Oleh TPK Tahun 2022 bagi TPK di 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung di Hotel Emersia, 01 November – 15 November 2022.

Disampaikan oleh Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Ni Gusti Putu Meiridha, SE.,MM dalam menurunkan prevalensi stunting di Provinsi Lampung, BKKBN Lampung melalui Tim Pendamping Keluarga (TPK) yaitu Bidan/tenaga kesehatan lainnya, kader PKK dan Kader KB (PPKBD/SubPPKBD) yang dibentuk di tingkat Desa/Kelurahan melakukan pendampingan keluarga secara berkesinambungan mulai dari calon pengantin, ibu hamil dan pasca persalinan serta bayi hingga usia 2 (dua) tahun. Dengan pendampingan yang melekat pada keluarga diharapkan semua faktor risiko stunting dapat diidentifikasi sejak dini dan dilakukan upaya untuk meminimalisir faktor risiko tersebut.

Putu menjelaskan, dalam pelaksanaanya, beragam dinamika dan problematika yang unik, khas, dan kasuistik ditemui. berangkat dari pemahaman ini maka diperlukan treatments dan intervensi aksi yang lebih detail, spesifik, serta intens dalam rangka mencegah stunting sejak dari hulu, salah satunya dengan penggunaan google form dan Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL) serta alat pantau lainnya. Melalui inovasi tersebut,  deteksi dini, recording dan reporting (pencatatan dan pelaporan) stunting, bisa terkonsentrasi dan terintegrasi secara nasional. Namun begitu, diperlukan kegiatan khusus secara berkala dalam rangka mengelola, menelusuri kesulitan serta mendapatkan solusi jika terdapat kendala dalam penanganan stunting di suatu wilayah setingkat kabupaten/kota. Terpantau dari aplikasi ELSIMIL sampai pada saat ini  calon pengantin Provinsi Lampung yang terdaftar di Elsimil sebanyak 14.117 dari 523.537 catin di seluruh Indonesia. Dimana Kabupaten Lampung Selatan meraih capaian tertinggi sebanyak 3256 catin, disusul oleh Kota Bandar Lampung sebanyak 1996 catin.

 “semoga dengan meningkatnya kompetensi tim pendamping keluarga di Provinsi Lampung, dapat meningkatkan kulitas pendampingan terhadap calon pengantin”, katanya

Informasi tambahan, sebagai bentuk monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan, penyelenggara melaksanakan pretest di awal kegiatan kemudian posttest di akhir kegiatan, dan hasilnya cukup memuaskan dimana dari rata-rata nilai pretest peserta sebesar 66, meningkat secara signifikan pada posttest menjadi 91.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Koordinator dan Subkoordinator di lingkungan Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Satgas Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Lampung, dan Tim Pendamping Keluarga dari 15 Kab/Kota di Provinsi Lampung.