Pengabdian Masyarakat Serentak, BKKBN Lampung Turut Memberikan Penyuluhan

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi lampung mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat Serentak di Lapas/Rutan 30 provinsi. Dalam kegiatan yang bertemakan “Berkolaborasi Untuk Mengabdi dengan Hati “ merupakan kolaborasi antara Kagamadok, Asosiasi Rumah Sakit TNI / POLRI, BKKBN, Koseindo, YHKI, dan komponen lain. Kegiatan pengabdian masyarakat di Provinsi Lampung digelar di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kota Bandar Lampung Sabtu, 05 februari 2022

Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, SpOG (K) yang hadir secara virtual menyampaikan apresiasi dan mengucapkan selamat kepada Ketua Panitia dan mitra Kagamadok serta seluruh pihak yang terlibat sebagai penyelenggara kegiatan ini. Kegiatan ini membuktikan pentingnya kolaborasi dalam mencapai kesuksesan. Menggandeng berbagai pihak untuk bekerjasama dengan misi yang sama dalam mencapai visi tertentu adalah langkah strategis yang diambil, sehingga tujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Lapas dan Warga Binaan Pemasyarakatan juga memiliki peran penting dalam terwujudnya pembangunan Bangsa Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut  dr. Hasto menyampaikan Lapas dan Warga Binaan Pemasyarakatan memiliki peran penting dalam terwujudnya pembangunan Bangsa Indonesia.Warga binaan tidak selamanya tinggal di sini, mereka akan keluar dan berbaur kembali dengan masyarakat serta keluarganya. Sehingga, diharapkan salah satu aspek pembinaan  adalah pengetahuan tentang apa dan bagaimana pola hidup sehat. Setelah keluar dari Lembaga Pemasyarakatan, mereka diharapkan menjadi orang yang lebih baik

Dalam kesempatan ini juga, dr. Hasto menyampaikan tentang Percepatan Penanganan Stunting  yang merupakan amanah Presiden RI Bapak Joko Widodo untuk dilaksanakan bersama. “Dalam hal perencanaan bangsa Indonesia ke depan, tujuan kita adalah generasi emas tahun 2045. Bila kita hitung dari saat ini, tahun 2022, waktu tersisa sekitar 23 tahun lagi. Tidak banyak waktu lagi. Artinya bila pada hari ini seorang bayi lahir, maka ditahun 2045, usianya masuk ke dalam kelompok usia produktif yang tentu saja adalah generasi muda,” tuturnya.

Senada dengan dr. Hasto, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Drs. Rudy Budiman menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut,  kolaborasi antara pihak pihak terkait dalam memberikan pelayanan khususnya terhadap warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Kota Bandar Lampung diharapkan dapat memberikan manfaat tidak hanya kepada warga binaan namun juga seluruh masyarakat Provinsi lampung.

Lebih lanjut  Rudy menyampaikan dalam kegiatan tersebut Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung turut memberikan penyuluhan tentang  perilaku hidup  bersih dan sehat, kesehatan reproduksi dan psikologi keluarga. Bakti sosial ini lanjutnya, merupakan salah satu bentuk kepedulian Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di Provinsi Lampung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Lembaga Pemasyarakatan MAIZAR, Bc.IP., S.Sos., M.Si., Komandan Kesehatan Wilayah 02.04.03 Lampung Letkol Ckm Syahrial beserta jajaran.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Serentak di Lapas dan Rutan pada 30 Provinsi Republik Indonesia mendapatkan Rekor Muri yang diserahkan langsung oleh Pendiri Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI), Jaya Suprana. (HUMAS)