Apresiasi Duta GenRe, PIK R, dan BKR Unggulan Provinsi Lampung Tahun 2021

Program Generasi Berencana (GenRe) merupakan program yang dikembangkan oleh BKKBN sebagai salah satu upaya untuk membantu remaja agar memiliki perencanaan kehidupan yang baik serta memiliki pengetahuan, kesadaran sikap serta perilaku kehidupan yang sehat dan bertanggung jawab. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka program GenRe lebih difokuskan pada Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja, yang bertujuan agar remaja melakukan pernikahan pada usia ideal yakni minimal usia 21 tahun untuk putri dan 25 tahun untuk putra, terhindar dari perilaku seks sebelum menikah dan terhindar dari penyalahgunaan NAPZA. Hal ini bertujuan agar para remaja dapat melalui masa transisi kehidupannya dengan baik dan berkualitas.

Sebagai bentuk apresiasi kepada  para remaja yang aktif dalam  melaksanakan sosialisasi dan promosi Program Bangga Kencana melalui Duta GenRe dikalangan remaja agar memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.  Dan juga meningkatkan akselerasi pada Program Bangga Kencana melalui pembinaan dan peningkatan kualitas kelompok BKR dan PIK R. Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung menggelar  Apresiasi Duta GenRe, PIK R, dan BKR Unggulan Provinsi Lampung Tahun 2021 secara virtual dari Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung 19 dan 21 Agustus 2021.

Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Drs. Rudy Budiman dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa dalam situasi pandemi covid-19 para remaja dihadapkan dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk berkegiatan secara kreatif dan inovatif secara langsung. Dengan terbatasnya ruang gerak untuk berkreasi dan berinovasi menjadi suatu tantangan para remaja agar dapat terus berkarya dengan memanfaatkan teknologi dan media informasi sebagai alat untuk menyalurkan kreatifitas dan inovasinya. Tantangan remaja pada masa pandemi ini dapat melatih kemampuan, menggali potensi diri serta dapat meningkatkan semangat dan terus menginspirasi. Hal tersebut menjadi aset yang luar biasa bagi bangsa dan negara Indonesia kedepannya, sebab di tangan remaja-lah masa depan Indonesia berada.

Lebih lanjut Rudy menyampaikan bahwa pada saat ini, Indonesia sedang mengalami darurat stunting. Kita butuh gerakan yang nyata agar dapat mengubah kondisi ini. Dikarenakan kondisi anak yang terkena stunting sulit untuk dirubah, sekarang yang menjadi hal penting adalah bagaimana kita menyelamatkan generasi setelahnya. Remaja dalam hal ini memiliki peran yang penting dalam pencegahan kondisi stunting di Indonesia. Dalam upaya peningkatan kapasitas remaja, sangat penting disampaikan informasi yang komprehensif bagi remaja sekaitan dengan pubertas, seksualitas, reproduksi, gizi remaja, perilaku beresiko, tindakan berbahaya, kesiapan berkeluarga, tugas perkembagan dan fungsi keluarga, pengasuhan keluarga sehat. Remaja diharapkan mendapatkan pengetahuan tersebut sebagai bekal untuk kehidupan berkeluarga mereka nantinya. Dan sebagai upaya dalam meningkatkan promosi dan pemahaman program, maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja. Figur motivator inilah yang akan menjadi wakil atau Duta GenRe. Dengan adanya Duta GenRe, sosialisasi dan promosi program di lingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja. Seorang Duta diharapkan dapat menjadi icon remaja yang ideal, remaja yang dapat diteladani dan mempunyai wawasan serta  cara  pandang  yang visioner dalam menyongsong hari depannya. Selain itu, seorang duta harus dapat membawa diri dan berprilaku yang baik, serta dapat menjadi teladan bagi remaja yang lainnya.

Menutup kata sambutannya, Rudy berharap melalui figur Duta GenRe, peningkatan kualitas remaja melalui program GenRe yaitu Kelompok kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) dan Bina Keluarga Remaja (BKR). Dapat berkontribusi besar sebagai roda penggerak dalam meningkatkan peran remaja serta peran keluarga terhadap kualitas remaja.

Sementara itu Sub Koordinator Bina Ketahanan Remaja, Apsari Melati Prameswari, S.Psi dalam laporannya menyampaikan bahwa proses seleksi duta genre awalnya diikuti oleh 344 remaja se-Provinsi Lampung dan dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu Seleksi Tes Tertulis yang dilakukan secara online antara lain mengenai substansi Program GenRe dan pengetahuan umum lainnya. Seleksi Wawancara Online dan Offline, Challenges Duta GenRe, yang terdiri dari berbagai tantangan yang dilakukan oleh Duta GenRe, yaitu membuat 2 days challenges, 7 day challenges, video animasi, foto kreasi dan lainnya sesuai dengan tema yang ditetapkan oleh panitia dan terakhir melalui deep interview dengan dewan juri, unjuk bakat, penilaian poster program kegiatan, speech 10 besar dan tanya jawab 5 besar. Selain proses penilaian Duta GenRe, para finalis juga menerima beberapa materi antara lain, materi Public Speaking oleh Reporter Televisi Nasional, materi Wawasan Kebangsaan oleh Gerakan Pramuka Kwarda Lampung, materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba oleh BNN Provinsi Lampung.

Adapun yang menjadi Dewan Juri Pemilihan Duta GenRe yaitu terdiri dari unsur Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Psikolog/Dosen Universitas Muhammadiyah Lampung, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dewan Penasehat GenRe Provinsi Lampung, Ketua GenRe Provinsi Lampung dan Duta GenRe Provinsi Lampung 2020.

Kegiatan yang menampilkan pentas seni dan kreatifitas para remaja itu di hadiri secara virtual antara lain Kepala BNN Provinsi Lampung, Kepala Dinas PPPA Provinsi Lampung, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Pimpinan Perguruan Tinggi dan sekolah di Provinsi Lampung, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Lampung, Kepala OPD-KB Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, Pejabat Koordinator, Sub Koordinator dan karyawan/ti di lingkungan  Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, Para Dewan Juri, Para Finalis Duta GenRe, Para pemenang Pemilihan Kelompok BKR dan PIK Remaja Unggulan, Forum GenRe of The Year dan Lomba GenRe Awards, Para Demisioner GenRe Provinsi Lampung. (Humas)

  1. Juara 1 Duta GenRe Putra : Nurwahid Dimas Saputro, PIK R Deswod Kabupaten Pringsewu
  2. Juara 1 Duta GenRe Putri : Cindy Novita Maharani, PIK R Raya Universitas Lampung Kota Bandar Lampung
  3. Juara 2 Duta GenRe Putra : Muhammad Rian Hidayat, PIK R Raya Universitas Lampung Kota Bandar Lampung
  4. Juara 2 Duta GenRe Putri : Chindy Annisa Putri MS, PIK R Raya Universitas Lampung Kota Bandar Lampung
  5. Juara 3 Duta GenRe Putra : Figo Fajar Aprian, PIK R Raya Universitas Lampung Kota Bandar Lampung
  6. Juara 3 Duta GenRe Putri : Bekti Ayuningtyas, PIK R Pilar UM Metro Kota Metro
  7. Harapan 1 Duta GenRe Putra : M Raja Pangestu, PIK R Garuda Kabupaten Tanggamus
  8. Harapan 1 Duta GenRe Putri : Yunita Rahmah, PIK R Gesper MAN 1 Kabupaten Pringsewu
  9. Harapan 2 Duta GenRe Putra : Kirana Putra, PIK R Sahabat UIN Raden Intan Lampung Kota Bandar Lampung
  10. Harapan 2 Duta GenRe Putri : Dhifa Zhafirah PIK R Raya Universitas Lampung Kota Bandar Lampung
  11. Duta GenRe Berbakat : Afha Nabila Putri, PIK R Sahabat UIN Raden Intan Lampung Kota Bandar Lampung
  12. Duta GenRe Favorit : Panca Sekar Latri, PIK R Kawat Kabupaten Pringsewu
  13. Duta GenRe Persahabatan : M Khoirudin Kholik, PIK R SAHABAT UIN Raden Intan Lampung Kota Bandar Lampung
  14. Duta GenRe Motivator : Tarissa Bunga Maharani, PIK R Raya Universitas Lampung Kota Bandar Lampung
  15. Duta GenRe Inovator : Suci Fadila Riyanda, PIK R Aksi SMAN 1 Liwa Kabupaten Lampung Barat
  16. Terbaik 1 PIK R Unggulan : PIK R Pilar UM Metro, Kota Metro
  17. Terbaik 2 PIK R Unggulan : PIK R Insan GenRe SMAN 1 Belalau, Kabupaten Lampung Barat
  18. Terbaik 3 PIK R Unggulan : PIK R Warda UM Lampung, Kota Bandar Lampung
  19. Harapan 1 PIK R Unggulan : PIK R Deswod, Kabupaten Pringsewu
  20. Harapan 2 PIK R Unggulan : PIK R SKR SMAN 1 Terbanggi Besar, Kabupten Lampung Tengah
  21. Terbaik 1 BKR Unggulan : BKR Mutiara, Kota Metro
  22. Terbaik 2 BKR Unggulan : BKR Manggis, Kabupaten Pringsewu
  23. Terbaik 3 BKR Unggulan : BKR Kenanga, Kabupaten Pesawaran
  24. Harapan 1 BKR Unggulan : BKR Kibuy, Kabupaten Pesisir Barat
  25. Harapan 2 BKR Unggulan : BKR Pelopor Remaja Mesuji, Kabupaten Mesuji
  26. Forum GenRe Of The Year : GenRe Cabang Tanggamus, Kabupaten Tanggamus
  27. Animasi GenRe Terbaik : M Zufri Al-Arief, Kota Bandar Lampung
  28. Animasi GenRe Terbaik : Afha Nabila Putri, Kota Bandar Lampung
  29. Animasi GenRe Terbaik : Mario Marcelino, Kota Bandar Lampung
  30. Monolog Terbaik : Erika Sabara, Kabupaten Pringsewu
  31. Monolog Terbaik : Lara Laylathul S, Kabupaten Pringsewu
  32. Monolog Terbaik : Susi Setiawati, Kabupaten Pringsewu
  33. Komik Strip Terbaik : Windy Artha Arjuna, Kabupaten Pringsewu
  34. Komik Strip Terbaik : Balqis Azizah, Kabupaten Tanggamus
  35. Komik Strip Terbaik : Ardini Ramadhania, Kabupaten Lampung Barat